Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-Jenis SSD dan Penjelasannya | Jangan Sampek Salah Beli

Jenis-Jenis SSD dan Penjelasannya | Jangan Sampek Salah Beli

SSD SATA

Pada kesempatan kali ini saya akan membahasa tentang jenis-jenis SSD, kenapa saya membahas ini? Karena banyak orang yang ingin mengupgrade penyimpanan mereka dari harddisk ke SSD atau ingin menambahkan SSD pada laptopnya tapi tidak tahu SSD mana yang cocok dengan laptopnya. Sebelum upgrade perlu dipastikan kembali apakah SSD yang kalian cocok dengan Laptop kalian dan baiknya sebelum beli kenali dulu jenis-jenis SSD berikut ini. Jika kalian belum paham tentang SSD kalian bisa baca klik link artikel dibawah

 

SSD SATA 2.5 Inch

SSD SATA

SSD jenis ini mirip sekali bentuk dan ukuran dengan Harddisk atau HDD laptop 2.5 Inch. SSD jenis ini bisa dipasang disemua jenis laptop walaupun laptop keluaran lama karena mempunyai konektor yang sama dengan HDD yaitu SATA, yang sering digunakan untuk mengganti HDD laptop ke SSD untuk menambah kecepatan. Jika dilaptop kalian masih ada CD Rom maka kalian bisa menggantinya tanpa perlu mengganti HDD atau hardisk kalian, dengan memasang caddy pada SSD. Caddy sendiri adalah alat untuk memasang HDD atau SSD pada laptop dengan mengambil tempat CD Rom laptop. SSD sata memiliki rata-rata kecepatan 500 MB/s . Kelebihan dari SSD ini adalah bisa dipasang semua laptop seperti penjelasan diatas, SSD ini termasuk golongan harga murah. Untuk kekurangan sendiri adalah pada kecepatannya masih kalah dengan SSD jenis lain walaupun lebih unggul dari HDD.

 

SSD mSATA

SSD mSATA

SSD mSATA adalah jenis SSD mini SATA karena ukurannya lebih kecil dari SSD SATA. Untuk kecapatannya sendiri sama dengan SSD SATA yang membedakan cuman pada ukuran dan juga low power alias gak gampang panas. Sayangnya SSD jenis ini sudah jarang digunakan. Untuk pin atau konektor berbeda dengan SSD SATA dan SSD M2.

 

SSD M.2 SATA

SSD M.2 SATA

SSD ini bentuknya seperti RAM dan dirancang seperti ini fungsinya untuk menghemat tempat dan mengurangi berat laptop itu sendiri. Ada tiga jenis ukuran yaitu 22x80 mm, 22x60 mm dan 22x42 mm. Kecepatannya rata-rata 550 MB/s dengan harga rata-rata 300 ribu, ukuran 128 Gb.

 

SSD M.2 NVMe

SSD M.2 NVMe

Untuk ukuran sma dengan SSD M.2 SATA yang membedakan adalah konektor atau pinnya. Jadi SSD M.2 memiliki 2 jenis yaitu SATA dan NVMe. NVMe singkatan dari Non-Volatile Memory Express, SSD jenis ini diklaim mempunyai kecapatan 3x lebih cepat dari SSD M.2 SATA bisa sampai 3500 hingga 5000 MB/s. Sedangkan kelemahanya adalah gampang panas karna saking cepatnya.

 

Bukan Mana Yang Terbaik

Cari SSD yang cocok dengan tipe laptop kalian dan support laptop kalian dan pastinya sesuai budget kalian. Laptop keluaran sekarang banyak yang sudah menggunakan SSD karna kecepatan dalam mengirim, menulis dan membaca.

 

Segitu saja artikel kali ini, jika ada pertanyaan seputar laptop bisa kalian tanyakan dikolom komentar atau mengenai tipe SSD yang mana yang cocok dengan laptop kalian. Terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Jenis-Jenis SSD dan Penjelasannya | Jangan Sampek Salah Beli"