Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu SSD ? Seberapa Penting SSD Buat Laptop dan PC Kita

Apa Itu SSD ? Seberapa Penting SSD Buat Laptop dan PC Kita

SSD Solid State Drive

Kembali lagi dengan saya, pada kesempatan kali kita akan menerangkan, Apa itu yang dimaksud dengan SSD? Bagaimana cara kerja SSD? Manfaat dari SSD dan Seberapa penting penggunaan SSD terutama di zaman sekarang yang hampir setiap kegiatan selalu melibatkan komputer atau laptop.


Apa Itu SSD

SSD singkatan dari Solid State Drive. Teknologi ini kini sudah mulai menggantikan harddisk drive yang juga merupakan penyimpanan utama untuk komputer baik desktop maupun laptop yang sudah ada sejak lama daya tarik utamanya adalah kapasitas penyimpanannya yang tinggi dan biaya yang rendah, namun dengan adanya SSD yang merupakan penyimpanan generasi baru yang digunakan komputer, SSD menggantikan hardisk mekanis tradisional dengan menggunakan memori berbasis Flash yang secara signifikan jauh lebih cepat. Teknologi penyimpanan harddisk yang lama, berjalan lebih lambat yang seringkali membuat komputer jadi terkesan kebanyakan bengong dari yang seharusnya. Sedangkan SSD mempercepat komputer secara signifikan karena waktu akses baca yang rendah dan prosesnya yang cepat. Dari segi fungsi sebenarnya baik hardisk maupun SSD fungsinya sama yaitu mendukung membaca dan menulis serta memelihara data yang disimpan dalam keadaan permanen bahkan tanpa daya. Meski fungsinya sama namun pada SSD ketika kita menyimpan sebuah data, data tersebut akan disimpan pada C flash memory. C-flash ini jauh lebih cepat dan lebih dapat diandalkan, akibatnya SSD lebih mahal daripada hardisk walaupun keduanya mempunyai kapasitas yang sama. Untuk PC desktop dan laptop kelas atas SSD sekarang menjadi aturan dalam sistem arus utama yang tidak menawarkan hardisk bahkan sebagai opsi yang dapat dikonfigurasi, namun untuk PC desktop dan laptop di kelas low-end mungkin akan terus menawarkan hardisk setidaknya untuk beberapa tahun kedepan.


Manfaat SSD

SSD memiliki manfaat untuk kebutuhan di berbagai bidang, mulai dari pekerjaan terutama perusahaan yang bekerja dengan data dalam jumlah yang besar seringkali mengandalkan SSD karena waktu akses dan kecepatan transfer file yang sangat cepat. Lalu untuk psra gamer, Komputer gaming selalu menekan batas teknologi komputasi, terutama game-game saat ini semuanya membutuhkan peralatan yang relatif mahal demi keuntungan performa game. Ini terutama berlaku untuk penyimpanan contoh saja pada game block Buster modern, yang terus-menerus membutuhkan storage yang handal untuk memuat dan menulis file seperti tekstur pada game, peta, level, karakter dan lain-lain. Selain itu untuk kegiatan mobilitas pun SSD sangat diperlukan SSD memiliki kebutuhan daya yang rendah sehingga berkontribusi pada masa pakai baterai yang lebih baik di laptop maupun di tablet, SSD juga tahan terhadap guncangan yang mengurangi kemungkinan kehilangan data saat perangkat terjatuh. Kalau kita bandingkan kecepatan SSD dan hardisk di sini SSD jelas yang paling bersinar. 

Hdd vs SSD

 

Alasan Penggunaan SSD

  • PC yang dilengkapi dengan SSD akan melakukan booting dalam waktu kurang dari 1 menit bahkan seringkali hanya dalam hitungan detik saja. Sedangkan harddisk akan memerlukan waktu yang lebih banyak untuk mempercepat spesifikasi pengoperasiannya dan akan terus lebih lambat dari SSD selama penggunaan normal, sehingga SSD dia kan jauh lebih efisien untuk berbagai macam kegiatan komputasi seperti bermain game, sekolah ataupun bisnis. Kecepatan ekstra mungkin akan menjadi perbedaan antara menyelesaikan tepat waktu dan terlambat.
  • Keunggulan SSD selanjutnya yaitu SSD memiliki bagian dalam yang padat jadi lebih mungkin untuk menjaga data tetap aman jika tak sengaja menjatuhkan tas laptop atau terguncang saat sedang beroperasi. Sedangkang Hardisk sendiri mempunyai susunan komponen di dalam yang renggang dan mempunyai jarak setiap komponennya jadi ketika ada guncangan akan sangat mempengaruhi beberapa posisi komponen dalam harddisk tersebut, sehingga bisa membuat bad sector bahkan tidak akan bisa digunakan lagi sama sekali. Jadi kalian memang pengguna yang kasar pada peralatan. saya saranin sih untuk menggunakan SSD.


Itu dia pembahasan singkat tentang Apa itu yang disebut dengan SSD? Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian. Jika ada pertanyaan lain kalian bisa tanyakan dikolom komentar.

Post a Comment for "Apa Itu SSD ? Seberapa Penting SSD Buat Laptop dan PC Kita"