Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Tentang RAM Beserta Fungsi-Fungsinya

Penjelasan Tentang RAM Beserta Fungsi-Fungsinya


RAM

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Salah satu perangkat keras komputer yang disini saya akan membahas mengenai RAM atau Random Access memory tanpa berlama-lama lagi kita akan langsung masuk ke dalam pembahasannya mengenai dari sebuah RAM dalam sebuah laptop atau komputer.


RAM

RAM merupakan salah satu perangkat yang sangat penting, fungsi Ram itu sendiri memproses data yang masuk secara beragam kedalam sebuah memori kemudian fungsi RAM akan bekerja sangat maksimal tergantung pada kapasitas dan kecepatan akses datanya, semakin besar RAM yang dipasang semakin cepat pula komputer yang akan kita gunakan. Selain itu RAM juga memiliki banyak jenis yang sangat beragam. Beberapa jenis RAM diantaranya adalah DRAM, SDRAM, RDRAM, SRAM, EDORAM dan masih banyak lagi jenis RAM yang akan kita bahas, Jika kalian ingin mengenal jenis-jenis RAM kalian bisa klik link artikel dibawah.


Disini kita akan fokus ke dalam pengertian dan fungsi dari sebuah Ram itu sendiri untuk lebih jelasnya berikut penjelasan mengenai RAM.


Pengertian RAM

Apa itu RAM?. Secara definisi RAM adalah sebuah tempat untuk menyimpan data sementara ketika komputer atau laptop yang sedang dijalankan dan dapat diakses secara acak. Nah itu adalah pengertian RAM atau definisi dari sebuah RAM, yang secara singkatnya disini adalah RAM merupakan sebuah tempat untuk penyimpanan data sementara sebuah komputer atau laptop. Sedangkan secara harfiah adalah tempat penyimpanan memori sementara ketika komputer tengah digunakan, jadi memori penyimpanan RAM memang bersifat tidak permanen. Artinya ketika komputer mati maka RAM akan kembali kosong dan akan terpakai setelah dinyalakan kembali saat beraktivitas sebagai contoh ketika kamu mengetik sebuah dokumen menggunakan Microsoft Word kemudian ditutup tanpa menyimpannya terlebih dahulu, nah dokumen yang diketik akan tersimpan di dalam RAM dan kita bisa membuka dokumen tersebut melalui history terakhir dari sebuah Microsoft Word yang kita gunakan tadi jika komputer yang kita gunakan Mati saat kita mengetik dan kita belum menyimpannya maka data tersebut akan hilang, karena sesuai dengan pengertian dari RAM setelah komputer mati dia akan kosong kembali seperti semula, nah itu adalah pengertian dari sebuah RAM. Selanjutnya akan membahas mengenai fungsi dari sebuah RAM pada suatu perangkat komputer atau laptop maupun HP.


Fungsi RAM

Fungsi RAM sangatlah penting salah satunya adalah sebagai penyimpanan data sementara jadi ketika kamu sedang melakukan suatu hal data yang kamu kerjakan akan tersimpan dan terbaca pada Ram secara otomatis. Hal tersebut yang menunjukkan jika RAM besar maka dapat menyimpan banyak Data yang kamu kerjakan, jadi mengurangi potensi dari lag ataupun lemot pada sebuah computer atau juga laptop juga HP. Nah disini saya ibaratkan RAM di dalam HP yang kita gunakan saat kita misalkan membuka aplikasi WhatsApp kemudian kita mengetik sebuah pesan, yang pesan itu agak banyak kemudian kita membuka aplikasi lain, nah saat Inilah saat kita membuka aplikasi yang lain dan kita menutup WhatsApp kita, data yang kita ketik tadi itu tersimpan di dalam RAM kita. Jika RAM HP kalian besar saat kita kembali lagi ke RAM data yang kita ketikkan tadi itu tidak akan hilang sedangkan jika hp kalian menggunakan RAM yang kecil akan kemungkinan data yang kita ketik tadi di dalam WhatsApp atau diaplikasi lain itu akan hilang.


Nah demikian pembahasan mengenai pengertian dan fungsi dari sebuah RAM semoga artikel ini bermanfaat dan jika kalian ingin mengenal komponen-komponen pada komputer kalian bisa cari di situs saya ini.

Post a Comment for "Penjelasan Tentang RAM Beserta Fungsi-Fungsinya"