Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilih Text Editor Atau IDE? Berikut Perbedaan Text Editor dan IDE

 

Text Editor VS IDE

Perbedaan Text Editor dan IDE Serta Kelebihannya Masing-Masing

Kali ini kita akan membahas tentang perbedaan teks editor dan IDE. Dalam dunia pemrograman tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah text editor maupun aplikasi-aplikasi IDE. Sayangnya banyak orang yang salah sangka dan menyamakan kedua software ini. Text editor dan IDE memang sekilas nampak sama, apalagi dunia pemrograman. Kedua software ini bisa digunakan untuk membuat program, baik program untuk website maupun aplikasi-aplikasi dekstop dan mobile. Tetapi sejatinya text editor dan IDE adalah hal yang berbeda. Mari kita lihat pengertian masing-masing ya.

 

Pengertian Text Editor

Sublim Text

Text editor, sesuai dengan namanya text editor adalah software untuk mengedit teks, selain teks normal atau teks biasa, Text editor juga bisa digunakan untuk menulis program. Program yang dibuat pun bermacam-macam tergantung dari programmer yang ingin membuat program apa dan dengan bahasa apa. Tidak hanya program, Text editor juga bisa digunakan untuk membuat halaman website. Bagaimana cara membuatnya? Mudah saja, hanya perlu membuka text editor lalu mulai mengetik setiap baris-baris kode, setelah itu programmer bisa menyimpan file program menggunakan ekstensi atau format yang sesuai dengan bahasa pemrogramannya. misalnya  .java untuk Java, .php untuk PHP, .js untuk Javascript dan .html untuk Html dan lain sebagainya. Fungsi dari text editor sendiri juga bermacam, untuk kalayak umum biasanya text editor digunakan untuk mencatat hal-hal penting yang bisa disimpan tetapi ditangan programmer text editor bisa menjadi salah satu wadah untuk membuat program. Selain itu text editor juga bisa berfungsi sebagai alat mencari kata tertentu, tentu ini sangat diperlukan programmer untuk menentukan titik perubahan program. Beberapa contoh dari teks editor yang banyak digunakan adalah Notepad dan Sublim Teks. Notepad adalah text editor bawaan OS Windows sedangkan Sublim Text adalah teks editor yang mampu mendukung pengetikan berbagai macam program dari berbagai bahasa pemrograman yang ada.

 

Pengertian IDE atau Integrated Development Environment

Codeblock

IDE atau Integrated Development Environment adalah sebuah software yang dikembangkan sebagai lingkungan khusus untuk membuat program-program, contohnya seperti Codeblocks dll. Didalam IDE sudah tersedia berbagai alat atau tools dan fasilitas lain, untuk menunjang dan memudahkan programmer dalam membuat programnya. IDE ini sering digunakan sebagai alat untuk membangun sebuah perangkat lunak atau software. Berikut fasilitasnya:

  • Editor, bagian ini berfungsi sebagai tempat membuat dan mengedit program. Biasanya ditunjukkan dengan ruang atau panel yang cukup luas.
  • Compiler, fasilitas ini berfungsi untuk mengubah kode program menjadi binary kode untuk selanjutnya diterjemahkan oleh mesin dan menjalankan perintah.
  • Debugger, fasilitas ini berfungsi untuk mengetahui ada atau tidaknya bug atau error, dalam program yang sedang dibuat. Biasanya akan terdapat indikator jika baris atau program tersebut terdapat kesalahan.
  • Frame atau bingkai, bingkai yang dimaksud disini adalah sebuah tempat untuk keluaran atau output program yang dibuat.

 

Setelah memahami pengertian diatas tentu sudah dapat dipahami, perbedaan antara IDE dan Text editor. Salah satu yang paling mencolok adalah text editor hanya mampu membuat atau mengedit program tanpa adanya pengecekan atau debugging terlebih dahulu. Berbeda dengan IDE yang terdapat indikator bahwa terjadi kesalahan. Selain itu dalam teks editor juga tidak dapat menterjemahkan kode menjadi sistem computer, tetapi kelebihan teks editor adalah mendukung banyak bahasa pemrograman. Berbeda dengan IDE yang hanya mendukung beberapa bahasa pemrograman saja. Nah kamu lebih suka pakai text editor atau IDE. Ketik dikolom komentar di bawah ya!..

Post a Comment for "Pilih Text Editor Atau IDE? Berikut Perbedaan Text Editor dan IDE "