Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Apa Sih Terabytes Written Alias TBW Di SSD Itu?

Penjelasan Apa Sih Terabytes Written Alias TBW Di SSD Itu?

Terabytes Written atau TBW SSD

Dari sekian banyaknya pertanyaan yang muncul tentang SSD (Solid State Drive), salah satu yang sering kita temui adalah nilai TBW. Jadi Apa sih pengertian TBW alias Terabytes Written itu? Begini penjelasan singkatnya.

 

Pengertian TBW (Terabytes Written)

TBW atau Terabytes Written biasanya jadi standar ukuran masa tulis SSD dimana ini berlaku sebagai jumlah total data terabytes yang dapat ditulis. Intinya, bisa jadi patokan yang bakal mempengaruhi masa pakai storage. Jika sudah melebihi nilai TBW, maka SSD setidaknya enggak akan bisa lagi untuk dipakai menulis. Disisi lain, nilai TBW juga sebenarnya jadi cakupan garansi dari pembuat SSD tentang masa sesungguhnya storage ini berlaku. Semakin besar nilai TBW, maka semakin lama masa pakai dari storage ini.

Sebagai contoh, ketika kalian menemukan nilai TBW disebuah produk yang mencamtukan TBW diatas 100TB (Terabytes), itu berarti total data terbytes yang bisa ditulis oleh SSD tersebut. 

TBW SSD

Sistem yang idle tentu tidak akan mengurangi TBW, namun mereka yang selalu melakukan banyak aktivitas diPC atau laptop, entah gaming, transfer data, menyimpan file dan sebagainya, itu akan mempengaruhi masa pakai SSD dan bisa menyentuh TBW lebih cepat. Meskipun, kasual user mungkin bisa cukup dengan SSD yang punya nilai TBW dibawah 200TB atau bahkan 100TB. Mengapa begitu? Pekerjaaan yang biasa dilakukan biasanya enggak terlalu menuntut yang bahkan mungkin enggak menghasilkan data hingga 200GB per hari. Meskipun , sekalu lagi itu juga bisa berbeda.

Nah, buat user yang punya banyak pekerjaan berat, maka arti TBW yang tinggi bisa sangat berpengaruh. Itu karena tipe pengguna ini pasti akan berhadapan dengan hal-hal yang terkait dengan transfer data dan apapun yang akan mempengaruhi TBW SSD. Jadi, idealnya sih kalian pasti bulan SSD dengan TBW diatas 1000TB tentunya.

 

Apa Kapasitas Juga bakal Berpengaruh Ke Nilai TBW?

Kami rasa ini ada benarnya. Bahkan rata-rata produsen storage akan memberikan label TBW berbeda untuk 2varian kapasitas yang ditawarkan. Jadi, meskipun tipe produknya sama, berbeda. Biasanya, semakin abesar kapasitas nilai Terabytes Written juga kan lebih besar.

 

Bagaimana Cara Melihat Nilai TBW SSD Secara Realtime?

Kalian bisa memakai software misal CrystalDisk Info. Cek salah satu SSD dan lihat nilai Liftime Writesnya. Jika nilainya ada indikasi SSD sudah hampir menyentuh TBW yang ditentukan produsen, maka SSD mungkin perlu diganti. Hingga pada akhirnya, angka Terabytes Written pada sebuah SSD bisa jadi patokan tentang kelayakan dari storage itu sendiri. Apalah masih ideal untuk dipakai atau tidak. Apakah masih ideal untuk dipakai atau tidak. Atau juga ini bisa jadi patokan lain seberapa tangguh SSD itu sendiri dan bisa berpengaruh bagi orang-orang yang menginginkan masa pakai SSD yang lebih lama. Semakin besar angkanya, maka bisa semakin positif. Meskipun enggak semua orang juga butuh nilai TBW yang besar, karena harga yang ditawarkan juga bisa lebih lama.

Post a Comment for "Penjelasan Apa Sih Terabytes Written Alias TBW Di SSD Itu?"