Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian HTTP dan HTTPS Beserta Penerapannya Pada Website

Perbedaan HTTP dan HTTPS Beserta Penerapannya Pada Website

http dan https

Pada kesempatan hari ini kita akan belajar tentang http dan https. Apa itu http dan https? Keduanya adalah singkatan, singkatan url awal dimana setiap kita mengunjungi suatu website ya. Contohnya seperti https://youtube.com, dimana destiap url pasti ada https.

 

Pengertian HTTP

Apa itu http. Http adalah singkatan dari kepanjangan Hypertext Transfer Protocol adalah protokol jaringan lapisan aplikasi atau application layer, yang dikembangkan untuk membantu proses transfer antar komputer ya, atau dari komputer ke perangkat mobile kita. Protokol ini berguna untuk mentransfer Informasi seperti dokumen, file, gambar dan video antar komputer atau mobile. Kenapa mobile? Karena sekarang sudah zamannya mobile dan hampir semua orang memiliki smartphone.

 

Pengertian HTTPS

Yang kedua sekarang ada https. Https adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protokol Secure. Secure yang memiliki arti aman, yang merupakan suatu protokol komunikasi dalam jaringan internet. Https juga dapat diartikan sebagai bentuk protokol internet yang paling valid dan yang paling aman. Kenapa? Karena integritas serta kerahasiaan kantor situs dan komputer pengguna itu lebih aman ya. Contoh misalkan kita mempunyai akun ya, di Bank, lalu kita memiliki yang namanya mobile banking atau internet banking, tentu kita memiliki password dan akunnya ya, supaya rekening di Bank kita itu tidak ada yang mengambil, dalam hal ini aman ya. Kita harus punya akunnya ada passwordnya juga dan keamanan-keamanan lainnya seperti otentikasi ke nomor telepon kita, cara mengambil uang tapi harus ada kode yang kita dapatkan dari Bank tersebut.

 

Website Yang Harus Menggunakan HTTPS

Selanjutnya jenis-jenis website yang wajib menggunakan https, yang pertama ada toko online. Onlineshop tentu ini karena berhubungan dengan adanya transfer uang ya dan sebagainya. Lalu ada website perusahaan ini berhubungan dengan data perusahaan. Lalu ada website pemerintahan dan selanjutnya website social media ya dan website yang lain misalkan forum ya dan lain sebagainya.

 

Penerapan Enkripsi Pada HTTPS

Selanjutnya penerapan enkripsi pada internet. Di sini ada tiga buah tahapan https, yang pertama ada Enkripsi, lalu ada Integritas suatu informasi data, dan ada Autentikasi. Nah sekarang kita akan menjabarkan apa sih tiga tahapan ini.

 

Enkripsi

Yang pertama ada yang namanya enkripsi. Enkripsi itu menjaga keamanan dalam proses pertukaran data, jadi para pencuri data atau hacker itu tidak dapat melihat isi data kita atau tidak bisa melacak aktivitas pengguna dan sebagainya

 

Integritas

Selanjutnya tahapan kedua ada yang namanya Integritas. Integritas suatu informasi data ini berfungsi memberikan suatu keintiman kepada sebuah informasi jadi selama dalam perjalanan dari server menuju komputer atau mobile pengguna informasi tersebut akan dilindungi dengan sangat aman.

 

Auntentikasi

Selanjutnya ada terakhir ada Autentikasi, jadi pada tahapan ini sempat memeriksa apakah kita adalah penerima yang tepat. Saya contohkan ya ketika di internet banking, ketika kita akan mengambil uang maka itu akan ada otentikasi, bisa melalui SMS atau melalui WhatsApp.

 

Kita sudah membahas apa itu Http dan Https, dan tahapan pada enkripsi, integritas data dan yang terakhir autentikasi. Oke mudah-mudahan bermanfaat dan dapat dipahami. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan jangan lupa komen jika ada pertanyaan lain tentang dunia IT lainnya.

 

Post a Comment for "Pengertian HTTP dan HTTPS Beserta Penerapannya Pada Website"