Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Jenis-Jenis Panel Layar Pada Laptop

Pengertian dan Jenis-Jenis Panel Layar Pada Laptop

Twisted Nimatic (TN) vs In-Plane Switching (IPS)

Layar merupakan salah satu komponen yang sering dipertimbangkan pada saat akan membeli sebuah laptop. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas jenis-jenis panel layar dan pengertiannya. Ok simak penjelasannya berikut ini.

 

Twisted Nimatic (TN)

 
Twisted Nimatic (TN)

Pertama ada panel Twisted Nimatic (TN) yang sebenarnya adalah panel yang tertua dari tiga jenis layar, karena hadir sejak tahun 1980-an dan bahkan dianggap sebagai terobosan teknologi dalam teknologi layar selama pengembangan awal. Dan hari ini masih jadi sebagai salah satu panel yang paling banyak digunakan untuk laptop, terutama di segmen entry-level.

 

In-Plane Switching (IPS)

In-Plane Switching (IPS)

Selanjutnya ada In-Plane Switching (IPS). Jenis layar ini sangat cocok bagi mereka yang bekerja di bidang content creation, hal ini dikarenakan layar tersebut memiliki sudut pandang yang lebih baik dan menghasilkan reproduksi warna dan akurasi warna yang sangat baik. Dan sebagian besar laptop dengan layar IPS berada dalam kisaran menengah ke atas hingga kelas atas.

 

Organic Light-emitting Diode (OLED)

Organic Light-emitting Diode (OLED)

Layar ini banyak digunakan pada TV dan smartphone daripada laptop. Baru-baru ini saja layar ini berhasil memasuki pasar laptop. Layar OLED seperti panel IPS, tetapi lebih baik. Hal ini dikarenakan layar tersebut memilik reproduksi warna dan akuirasi warna yang lebih baik.

 

Vertical Alignment (VA)

VA merupakan jenis panel, yang sesuai namanya menggunakan kristal cair yang disejajarkan secara vertikal. Panel VA memiliki kontras dan kedalaman warna terbaik diantara jenis utama layar lainnya (TN dan IPS), tetapi juga memiliki respones time terlama.

 

Nah itulah jenis-jenis panel layar pada laptop yang dipasaran saat ini. Sekian untuk artikel kali ini jika ada pertanyaan silahkan tanyakan pada kolom komentar.

 

Post a Comment for "Pengertian dan Jenis-Jenis Panel Layar Pada Laptop"