Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Istilah-Istilah Web Development Yang Wajib Kamu Ketahui

Istilah-Istilah Programmer Yang Wajib Kamu Ketahui

Web Development

Menjadi seorang programmer harus banyak berjuang dan belajar serta banyak mencoba apa yang sudah dipelajari. Tapi sebelum itu kalian harus tau dulu apa saja istilah-istilah pada web development. Sehingga ketika kita belajar kita sudah tahu istilah yang digunakan web development yanga akan memudahkan kita dalam belajar. Berikut ini adalah sitilah-istilah yang sering digunakan web  developmen :

 

Frameworks

Framework dibuat agar proses membangun website lebih cepat dan mudah. Framework adalah sebuah kerangka program yang digunakan untuk membantu developer untuk mengembangkan kode secara konsisten. Dengan adanya framework developer bisa mengurangi jumlah bug pada aplikasi yang dibuat.

 

Algoritma

Algoritma adalah seretan instruksi untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Dalam programming komputer, algoritma adalah bagian penting dari problem-solving. Algoritma dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan.

 

Data Structure

Data Structure adalah cara menyimpan data didalam komputer agar bisa dipakai secara efisien. Struktur data memudahkan untuk menemukan, mengatur dan menghapus data.

 

Libraries

Dalam programming, Libraries adalah tempat untuk menyimpan kode yang telah dibuat atau modul, yang dapat diambil oleh programmer dan dimasukkan ke dalam kode yang mereka buat. Libraries dapat menghemat waktu dan tenaga developer.

 

Github

Github adalah software hosting untuk Git. Jadi Git adalah tool untuk melakukan revisi code, sedangkan Github adalah web hostingnya. Github menwarkan semua fungsi kontrol versi Git, tetapi juga menwarkan fitur-fitur sendiri, seperti pelacakan bug, dan manjemen tugas.

 

Database

Database adalah suatu pengorganisasian sekumpulan data yang saling terhubung sehingga memudahkan aktivitas untuk memperoleh informasi. Database dapat digunakan untuk mengelola data dengan lebih cepat dan efesien.

 

MySQL

MySQL adalah sebuah database management system (manajemen basis data) menggunkan perintah dasar SQL (structured query language) yang cukup terkenal. Database menagement system (DBMS) MySQL multi pengguna dan multi alur ini sudah dipakai lebih dari 6 juta pengguna didunia.

 

Full Stack

Full-Stack mengacu pada aplikasi dari front-end (bagian yang langsung dilihat user) ke back-end (teknologi dibelakang layar seperti database) dan kode software yang menghubungkan keduanya.

 

Selain istilah-istilah diatas masih banyak lagi yang belum saya ulas. Jika teman-teman istilah-istilah yang lain, yuk sharing dikolom komentar ! Biar kita saling berbagi ilmu yang bermanfaat bagi kita. Sekian untuk artikel kali ini, terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

 

Post a Comment for "Istilah-Istilah Web Development Yang Wajib Kamu Ketahui"