Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal Yang Harus Kalian Pelajari Untuk Menjadi Web Devoloper

Hal-hal yang Harus Dikuasai Web Developer

Hal Yang Harus Kalian Pelajari Untuk Menjadi Web Devoloper

Apakah kamu ingin jadi Web developer? Ini ada hal yang harus kamu pelajari jika kamu ingin jadi Web developer. Tahukah kamu apa itu Web developer? Web developer adalah suatu bidang dalam dunia it, yang bertujuan membuat sebuah aplikasi berbasis web yang mana nantinya aplikasi yang dibuat ini mampu diakses oleh semua orang. Sebagai contoh hasil karya dari Web developer adalah website pendidikan, website berita, sistem informasi akademik, e-learning, e-commerce dan banyak lagi.

Tugas dari Web Developer adalah membuat dan mengelola sebuah web dan juga melakukan pemeliharaan terhadap web tersebut dan juga melakukan pengembangan sesuai yang dibutuhkan. Namun, fokus utamanya adalah menciptakan sebuah aplikasi berbasis web. Apabila kamu ingin menjadi seorang web Developer, lalu apa aja nih yang harus kamu pelajari. Berikut adalah hal yang harus kamu kuasai.

 

Menguasai Html, CSS dan Javascript

Html, CSS dan Javascript

Hyper Text Markup Language atau dikenal dengan Html, merupakan bahasa script yang fungsinya adalah membangun atau menyusun struktur dalam sebuah website. Html sering digunakan dalam Front-end.

Cascading stylesheet atau biasa dikenal dengan CSS, merupakan pelengkap dari HTML. CSS ini bertujuan untuk mempercantik halaman web sehingga terlihat lebih menarik. Dengan adanya CSS maka tampilan web akan lebih sempurna.

Javascript merupakan bahasa pemograman yang harus dikuasai oleh semua web developer. Karena javascript bertujuan membuat sebuah website menjadi lebih hidup dan berfungsi. Jadi dengan menguasai Html, CSS dan Javascript, maka kamu sudah bisa membangun sebuah website dengan baik dan menarik.

 

Menguasai PHP dan MySQL 

PHP dan MySQL

PHP merupakan bahasa pemrograman yang mampu menghubungkan antara sebuah website dan database. PHP seringkali digunakan dalam back-end. Sebagai contoh saat hendak membuat form login pada halaman web untuk mengisi data di form login lalu menyimpannya. Disitulah terjadi proses menyimpan data ke database.

Structure query language atau dikenal dengan SQL, adalah sekumpulan perintah khusus yang berfungsi untuk mengakses data dalam sebuah database relasional. Dalam urusan menyimpan data maka SQL merupakan teknologi yang bisa diandalkan. Dalam database SQL digunakan untuk mampu memfilter, menambahkan, menghapus atau bahkan menggabungkan informasi data. Sebenarnya ada banyak alternatif selain PHP dan MySQL. Namun PHP dan MySQL adalah salah satu yang paling banyak digunakan di Indonesia.

 

Menguasai Framework

Framework PHP

Pernah mendengar, Apa itu Framework? Kamu tidak perlu bingung. Framework adalah sebuah kerangka kerja yang berfungsi untuk mempermudah para developer aplikasi dalam membuat dan mengembangkan aplikasi tersebut. Framework ini berisikan perintah dan fungsi dasar yang umum digunakan untuk bisa membangun sebuah aplikasi. Sehingga aplikasi tersebut dapat dibuat dengan cepat dan rapi sehingga terlihat menarik. Dalam dunia programming istilah dari Framework itu sendiri bukan hal yang baru, karena saat ini sudah banyak orang yang menggunakannya untuk membuat aplikasi berbasis web, walaupun aplikasi desktop. Framework ini ibaratkan sebagai komponen-komponen pada program yang bisa kita pakai kapan saja. Contoh Framework berbasis web terdiri dari Codeigniter, Laravel, Yii dan lainnya. Framework ini disesuaikan dengan bahasa pemrograman yang kamu pakai. Dengan adanya Framework maka kamu tidak perlu membuat aplikasi dari awal. Kelebihan dari Framework adalah mempunyai beberapa kumpulan library yang cukup fungsi dasar. Adanya fungsi-fungsi itulah yang buat kamu bisa membuat website dengan mudah dan cepat.

 

Baik sekian untuk artikel kali ini. Apa aja yang udah kamu kuasai? atau ada yang ingin kamu kuasai, komentar di bawah ya!.

 

Post a Comment for "Hal Yang Harus Kalian Pelajari Untuk Menjadi Web Devoloper"