Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Internet Of Things? Pengertian Dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Apa Itu Internet Of Things? Pengertian Dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Internet Of Things Atau IOT

Teknologi semakin hari semakin canggih aja ya salah satu teknologi itu adalah Internet Of Things atau IOT, yang dalam bahasa Indonesia berarti internet tentang segala hal. Apa sih sebenarnya internet of thinks itu?. 

 

Pengertian Internet Of Things atau IOT

Internet Of Things atau IOT pada dasarnya merujuk pada banyaknya device dan suatu sistem di seluruh dunia yang saling terhubung satu sama lain. Dengan menggunakan internet dan bisa saling berbagi data, Internet Of Thinks bisa membuat dunia menjadi lebih cerdas dan juga lebih responsif dengan cara menggabungkan teknologi digital dan juga perangkat fisik atau device. Dewasa ini dengan adanya komputer yang memiliki harga relatif terjangkau dan jaringan nirkabel atau wireless dimana-mana akan memungkinkan untuk mengubah hal apapun, dari mulai hal yang sekecil seperti pil obat atau suatu yang terlihat besar, seperti pesawat terbang. Berbagai hal tersebut pun menjadi bagian dari IOT.

Apa itu Internet Of Things?. Jadi Internet Of Thinks adalah suatu deskripsi dari jaringan fisik atau things yang dipasang dengan menggunakan sensor, software dan juga teknologi lain, dengan tujuan agar bisa terhubung dan menukarkan data antar divisi dan sistem lain yang menggunakan internet. Device ini bisa berbentuk peralatan rumah tangga yang bisa kamu jumpai sehari-hari sampai peralatan industri yang canggih. Internet Of Thinks mampu menghubungkan seluruh device yang berbeda dengan, cara menambahkan sensor dan kecerdasan digital. Sehingga akan memungkinkan pengguna untuk melakukan komunikasi secara real-time tanpa harus melibatkan campur tangan manusia. Saat ini sudah ada lebih dari tujuh miliar device yang sudah terhubung dengan Internet Of Thinks. Dan para ahli memperkirakan di tahun 2025, jumlahnya akan berkembang menjadi 20 milyar.

 

Pentingnya Internet Of Thinks

Kenapa Internet Of Thinks  penting?. Dalam kurun beberapa tahun terakhir Internet Of Thinks sudah menjadi salah satu teknologi yang paling penting di abad ke-21. Saat ini kita bisa menghubungkan berbagai barang sehari-hari seperti peralatan dapur ataupun kendaraan ke internet, dengan memasang device. Komunikasi tanpa batas bisa dilakukan pada setiap orang, proses dan juga benda. Dengan adanya komputasi berbiaya rendah, cloud, big data analytics dan teknologi seluler. Maka semua device bisa berbagi dan juga mengumpulkan data. Sebagai pengguna, manusia hanya akan terlibat sedikit, mungkin dalam proses pelaksanaannya. Di dunia yang sudah saling terhubung seperti saat ini, sistem digital mampu memantau merekam memonitoring dan juga menyesuaikan seluruh interaksi antar berbagai hal yang terhubung. Dunia fisik bisa bertemu dan bekerja sama dengan sistem dunia digital.

 

Manfaat Internet Of Thinks Untuk Bisnis

Manfaat Internet Of Thinks untuk bisnis. Saat Internet Of Thinks sudah menjadi lebih luas di luar sana. Maka perusahaan bisa menggunakan nilai bisnis dan juga mendukung perkembangan bisnisnya. Nah manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan jika menggunakan Internet Of Thinks adalah sebagai berikut:

  • Memperoleh Insight atau wawasan berbasis data dari data Internet Of Thinks, agar bisa membantu mengelola bisnis secara baik.
  • Meningkatkan produktivitas dan juga efisiensi operasi bisnis, membuat model bisnis dan juga pemasukan baru.
  • Menghubungkan dunia bisnis fisik ke dunia digital secara mudah, agar mampu mendorong waktu secara cepat menjadi nilai yang berharga.

 

Apakah Itu Industrial Internet Of Thinks?

Industrial Internet Of Thinks atau IOT adalah penerapan dari teknologi Internet Of Thinks dalam proses industri. Khususnya yang berhubungan dengan instrumentasi atau peralatan dan juga kontrol sensor, serta perangkat yang memanfaatkan teknologi Cloud atau penyimpanan virtual. Akhir-akhir ini sudah banyak industri yang memanfaatkan machine-to-machine atau M2M agar bisa mencapai otomatisasi dan juga kontrol pada jaringan nirkabel atau jaringan tanpa kabel. Namun dengan kehadiran Cloud atau penyimpanan virtual dan juga teknologi yang terkait didalamnya seperti analitik dan juga AI. Maka suatu industri akan mampu mencapai proses otomatisasi baru yang mampu menghasilkan suatu pendapatan dan juga model bisnis yang baru. IOT terkadang disebut juga sebagai gelombang keempat yang terdapat dalam revolusi industri atau industri 4.0. Beberapa fungsi hukum dari IOT adalah sebagai Smart Manufacturing, Asset Management, Smart power grade, Smart series, connected, logistik dan juga sebagai Smart digital supply change. Hai

 

Industri  Apa Saja Yang Bisa Menggunakan IOT?

Beberapa perusahaan yang dinilai paling sesuai untuk memanfaatkan Internet Of Thinks adalah perusahaan yang menerapkan Device sensor di dalam proses bisnisnya. Nah berikut ini adalah beberapa industri perusahaan yang cocok untuk menerapkan Internet Of Thinks:

Manufaktur

Perusahaan manufaktur akan mendapatkan keunggulan tersendiri dengan memanfaatkan pemantauan lini produksi agar bisa melakukan pemeliharaan proaktif dalam peralatan ketika sensor device mendeteksi adanya kegagalan. Sensor tersebut akan mengukur dengan pasti saat ada output produksi yang terganggu. Dengan adanya bantuan peringatan sensor maka perusahaan manufaktur bisa dengan cepat memeriksa tingkat keakuratan peralatan atau menghapusnya dari sistem produksi, sehingga akan bisa diperbaiki dengan cepat. Hal ini akan memungkinkan perusahaan tersebut dalam meminimalisir biaya operasi, mempunyai waktu kerja yang lebih efisien daripada biasanya dan juga meningkatkan performa manajemen aset.

 

Otomotif

Di industri otomotif, diciptakan agar bisa menggunakan manfaat dan penggunaan dari aplikasi Internet Of Thinks. Selain adanya manfaat penerapan Internet Of Thinks di dalam seluruh lini produksi, sensor yang ada di dalamnya juga mampu mendeteksi kegagalan peralatan pada berbagai kendaraan yang sudah terdapat di jalan dan mampu memperingatkan pengemudi secara detail. Dengan adanya informasi yang dihimpun oleh aplikasi Internet Of Thinks maka setiap produsen dan pemasok otomotif akan mampu mempelajari lebih lanjut terkait cara menjaga mobil agar bisa berjalan dengan baik dan pemilik mobil pun bisa memperoleh informasi yang lengkap.

 

Transportasi dan Logistik

Sistem transportasi dan logistik akan memperoleh manfaat dari menerapkan aplikasi Internet Of Thinks. Setiap Armada mobil, kapal, truk hingga kereta api yang bawa inventaris bisa dialihkan dengan berdasarkan kondisi cuaca, ketersediaan moda transportasi atau ketersediaan pengemudi kendaraan. Inventaris ini nantinya bisa dilengkapi dengan suatu yang bisa digunakan untuk melacak dan memantau kontrol suhu. Industri makanan dan minuman, farmasi dan juga bunga. Diketahui menjadi industri yang sering membawa inventaris yang peka pada suhu. Dengan menggunakan alat pemantauan suhu Internet Of Thinks, maka industri tersebut akan sangat diuntungkan.

 

Retail

Adanya aplikasi Internet Of Thinks akan memungkinkan berbagai perusahaan ritail dalam mengelola inventaris, meningkatkan pengalaman belanja pelanggan, memaksimalkan supply chain dan juga meminimalisir biaya operasional perusahaan. Misalnya adalah rak pintar yang dilengkapi dengan suatu sensor berat yang mampu mengumpulkan informasi dengan basis RFID dan mengirimkan data ke platform IOS secara otomatis dan juga melacak inventaris serta memberikan peringatan bila barang hampir habis.

 

Sektor Publik

Manfaat Internet Of Thinks dalam sektor lingkungan dan publik pun sangat luas, seperti utilitas pemerintah pusat, yang bisa menggunakan aplikasi Internet Of Thinks agar bisa memberitahu para penggunanya terkait pemadaman massal dan Berbagai gangguan kecil pada layanan air, listrik ataupun saluran pembuangan. Aplikasi internet of thinks pun mampu mengumpulkan berbagai data terkait ruang lingkup pemadaman dan juga menyebarkan sumber daya agar bisa membantu utilitas agar bisa pulih dari pemadaman dengan kecepatan yang lebih tinggi. Internet Of Thinks juga digunakan oleh Polda Metro Jaya dengan tilang elektronik nya. Polda Metro Jaya memasang kamera CCTV di tempat tertentu. Dimana, apabila pengendara motor atau mobil yang melakukan pelanggaran lalu lintas akan terekam. Bagaimana Internet Of Thinks bekerja dalam tilang elektronik ini sebagai contoh di lampu merah yang sistemnya terhubung dengan kamera CCTV akan memberitahu pada operator bahwa ketika lampu merah menyala ada sekian orang yang posisi kendaraan motornya melewati garis batas. Kamera akan menandai secara otomatis dengan sensor penanda yang disediakan dalam sistem CCTV. Kamera CCTV yang tersambung dengan internet ini kemudian melaporkan pada server bahwa pada jam sekian menit sekian, sensor menangkap gambar kendaraan yang melanggar batas marka jalan. Pemilik kendaraan ini diidentifikasi melalui nomor polisi yang dipakai kendaraan tersebut seperti scan barcode gitu, kemudian nomor tersebut dicocokkan dengan data kepemilikan di samsat. Surat pemberitahuan tilang pun dikirim ke rumah. Jadi bagi pengendara motor atau mobil Indonesia yang beli motor atau mobil bekas tanpa merubah data kepemilikannya bisa lolos ya hihihi. Suratnya pasti datang ke pemilik yang datanya terdaftar di database Samsat alias pemilik yang sebelumnya. Internet Of Thinks juga bisa diaplikasikan pada sistem pencegahan dan penanggulangan pembuangan sampah sembarangan, keamanan rumah, kebakaran dan masih banyak lagi.

 

IOT adalah suatu jaringan fisik atau things yang dipasang pada sensor, software dan teknologi lain. Dengan tujuan agar bisa terhubung dan bertukar data antar device dan sistem lain dengan menggunakan internet. Internet Of Thinks untuk bisnis atau perusahaan, mampu memberikan Insight atau sumber informasi dalam bentuk data meningkatkan produktivitas dan juga efisiensi bisnis dan juga mampu mengubah nilai bisnis saat mampu menghubungkan berbagai hal fisik ke dalam digital. Beberapa perusahaan industri yang bisa menikmati kecanggihan Internet Of Thinks antara lain adalah perusahaan manufaktur, otomotif, transportasi logistik, ritel dan lain-lain. Jadi semua hal yang terhubung dengan internet dan software yang mendukung, bisa menjadi bagian dari Internet Of Thinks. Mulai dari kamera pengawas di jalan sampai Cafe tanpa pelayan yang otomatis, melayani menu yang dipesan pelanggannya.

 

Sekian artikel singkat kali ini. Terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan kalian bisa tanya dikolom komentar dan jangan lupa baca artikel lainnya disini

 

Post a Comment for "Apa Itu Internet Of Things? Pengertian Dan Manfaatnya Untuk Bisnis"