Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Apa Itu Surface Web, Deep Web dan Dark Web?

Penjelasan Apa Itu Surface Web, Deep Web Dan Dark Web?

darkweb internet

 

Selamat datang di website saya. Taukah kalian perbedaan antara darkweb dengan deepweb?.  Deep dan Darkweb ternyata masih jarang diketahui oleh pengguna internet kalau diibaratkan dunia Internet saat ini seperti fenomena gunung es penampakan gunung es di atas hanyalah permukaan yang merujuk pada bagian kecil dari internet saja loh. Bagian tersebut adalah bagian dari informasi yang biasa kamu Googling di mesin pencarian atau yang sering dikenal sebagai istilah Surface web.


Surface Web

Surface web adalah halaman website yang biasa kalian akses seperti Google, Yahoo, Wikipedia dan lainnya sementara itu gunung es yang berada dibawah permukaan air dan tidak tanpak. Justru lebih besar loh, darkweb dan deepweb adalah bagian tersembunyi yang luas di dalamnya itu lebih besar daripada dipermukaannya. Ya seperti itulah internet. Yang kita akses setiap hari hanya sebatas permukaannya saja loh, bayangin aja totalnya cuman hanya lima persen lo dari semua web yang ada di internet jika dibedah lebih dalam ternyata kamu bisa menemukan Deep dan Dark web nah gimana sih perbedaan darkweb dan di deepweb.


Deep web

Saya kasih penjelasannya buat menggambarkan Deep web, sebuah bagian dari internet yang tidak dapat diindex oleh mesin pencarian apapun lo gan nah. Meskipun begitu kita tetap bisa diakses kok menggunakan browser standar seperti Chrome, Safari, hingga Mozilla Firefox, cuman butuh izin doang kok buat masuk ke dalamnya kayak alamat url username sama kata sandi khusus. nah mengakses konten di web itu cukup aman kok contoh yang biasa sobat pakai itu adalah Google Drive, Dropbox dan lainnya. Nah seperti Google Drive tidak dapat diakses oleh sembarang orang tanpa alamat dan otentifikasi lainnya, begitu juga kalau kamu login di email sosial media. Diperkirakan lebih dari 96% informasi di internet adalah Deepweb, rata-rata informasi tersebut memang bukan untuk konsumsi publik melainkan seperti M-Banking, rekam medis pasien hingga data militer lo gan. Maka tak heran bila banyak penjahat cyber yang berusaha menembus Deepweb.


Darkweb

Kalo yang ini Dark web secara teknis, Dark web adalah bagian dari Deep web jumlahnya diperkirakan hanya sekitar 0,01% dari blog dan web mengacu pada istilah kumpulan situs web dan jaringan yang sangat terenkripsi dengan sengaja disembunyikan dari kebanyakan pengguna internet. Itulah sebabnya Dark web dikaitkan dengan jumlah aktivitas dan layanan ilegal termasuk pornografi perjudian atau penjualan obat-obat terlarang lo gan. Untuk mengaksesnya tidak dapat menggunakan web konvensional seperti yang kalian pakai sekarang dan memerlukan perangkat lunak seperti dionion router atau biasa disebut tor browser lo gan. Thor harus dipakai untuk melindungi identitas dan lokasi kalian supaya tidak terdeteksi oleh mesin pencarian selama kalian berselancar. Mengakses darkweb adalah hal yang melanggar hukum namun tidak disarankan untuk menjelajah ke dark web, mungkin saja kalian bakal dapet link atau membuat komputer kamu rentan terhadap virus gan.


Nah begitulah perbedaan dari dak web dan Deep web ya gan semoga kalian paham dan berhati-hati dalam berinternet gan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk komen dan share artikel ini ke teman2 kalian.

Post a Comment for "Penjelasan Apa Itu Surface Web, Deep Web dan Dark Web? "