Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal System Kriptografi Sebagai Keamanan Dari Serangan Hacker

Mengenal System Kriptografi Sebagai Keamanan Dari Serangan Hacker

System Kriptografi

Selamat datang disitus saya, pada kesempatan kali saya akan membahas tentang kriptografi yaitu cara untuk menyembunyikan atau menyamarkan sebuah pesan supaya tidak bisa dilihat oleh orang lain. Teknik ini dinamakan dengan kriptografi topik bahasan yang akan saya sampaikan di artikel ini yaitu tentang kriptografi klasik jadi di artikel ini kita akan belajar dari sistem kriptografi klasik ini apa saja teman-teman perlu memahami apa itu kriptografi itu sendiri.


Apa Itu Kriptografi

Kalau dilihat secara definisi kriptografi itu merupakan sebuah proses menyamarkan informasi atau pesan sehingga tidak bisa dimengerti oleh orang lain. Teknik kriptografi ini sebenarnya sudah digunakan sejak 1.500 tahun lalu. Terus metode yang dirancang untuk melakukan proses kriptografi itu sendiri kita sebut dengan istilah Cryptosystem, sedangkan untuk proses mengembalikan penyamaran dari hasil cryptosystem menjadi informasi atau pesan yang dapat dimengerti oleh kita disebut dengan istilah Cryptoanalisis. Jadi secara umum dalam kriptografi itu akan ada 2, teknik yang pertama adalah Cryptosystem yang kedua adalah Cryptoanalisis.

Cryptosystem

Kalau cryptosystem itu digunakan untuk merubah pesan yang asli menjadi pesan yang tidak bisa dibaca.

Cryptoanalisis

Sedangkan Cryptoanalisis itu merupakan cara untuk merubah dari pesan yang sudah di cryptosystem kan menjadi pesan yang dapat dibaca oleh orang lain.


Jadi dua istilah ini jangan sampai tertukar ya, berikutnya dalam kriptografi itu ada dua jenis pesan yang pertama adalah pesan asli dan yang kedua adalah pesan ya tak bisa baca. Untuk pesan yang asli atau informasi yang asli itu kita sebut dengan istilah Plantext, sedangkan untuk pesan yang sudah disamarkan disebut dengan istilah Ciphertext, nah ini juga jangan sampek terbalik ya.

Plantext

Jadi kalau pesan yang masih bisa dibaca atau belum disamarkan itu kita sebut dengan Plantext

Chipertext

Sedangkan hasil dari cryptosystem nya atau pesan yang sudah disematkan itu kita sebut dengan cipherteks.


Demikian pengenalan dari system kriptografi, insyaallah artikel berikutnya saya akan membuat tutorial dari kriptografi ini. jangan lupa untuk share artikel ini ketema-teman kalian dan seomga bermanfaat.

Post a Comment for "Mengenal System Kriptografi Sebagai Keamanan Dari Serangan Hacker"