Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Kabel UTP Atau Twisted Pair Pada Jaringan Komputer

Mengenal Kabel UTP Atau Twisted Pair Pada Jaringan Komputer

 

Kabel Jaringan

 

Ok semuanya kembali lagi disitus saya. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas lebih dalam mengenai jaringan komputer, khususnya Disini saya akan membahas mengenai kabel jaringan yang berjenis twisted pair. Kabel jaringan adalah perangkat keras yang memiliki bentuk kabel memanjang dan memiliki  kegunaan sebagai koneksi jaringan. Kabel jaringan secara fungsi hanya untuk mengkoneksikan jaringan saja, tidak bisa untuk kegunaan lainnya seperti contoh aliran listrik ataupun yang lainnya. Kabel jaringan bisa anda gunakan untuk menghubungkan antar komputer atau lebih dengan berbagai topologi jaringan yang digunakan. Nah itu adalah sedikit pengenalan mengenai pengertian dari sebuah kabel jaringan. Jika kalian ingin mengenal lebih jauh lagi mengenai pengertiannya kalian bisa baca artikel dibawah ini mengenai kabel jaringan dan kalian bisa klik link nya.


Baca Juga
: Pengertian Jenis-Jenis Kabel Jaringan Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Mari kita langsung kupas tuntas mengenai pengertian dari kabel UTP seperti yang sudah kita ketahui Terdapat tiga jenis kabel jaringan yaitu Kabel Coaxial kemudian ada kabel Fiber Optik dan yang terakhir adalah kabel twisted-pair. Nah pada kesempatan kali ini saya akan mengulas mengenai  kabel twisted pair atau yang sering disebut juga dengan kabel UTP. 

Kabel twisted-pair merupakan sebuah kabel jaringan yang didalamnya terdiri atas beberapa kabel yang saling berpasangan. Cara kerja dari kabel Twisted Pair adalah dengan menghantarkan arus atau sinyal listrik dari sumber ke tujuan. Kabel Twisted-Pair ini terdiri dari tiga jenis yaitu STP atau Shielded Twisted Pair kemudian ada FTV atau Failed Twice First dan Yutipi atau Hosted Twisted-Pair. 

 

Kabel Twisted Pair

Buat kamu yang belum tahu nih! Ini merupakan sebuah info penting jadi kabel UTP adalah salah satu jenis dari  twisted-pair dari ketiga jenis kabel twisted-pair diatas sekilas bentuk dan fungsinya memanglah sama  namun terdapat pembeda diantara masing-masing kabel tersebut berikut adalah pembahasannya :

 

Kabel STP Atau Slender Twisted Pair

 

Kabel STP

Yang pertama adalah kabel STP atau Slender twisted pair. Kabel STP adalah jenis kabel twisted-pair yang memiliki lapisan aluminium foil sebagai pelindung pada bagian dalam kabel, yang berfungsi untuk menghalau gangguan elektromagnetik yang mempengaruhi internet aluminium foil. Pada kabel   STP membungkus setiap pasangan kabel tembaga jadi ada 4 slide file aluminium dalam kabel-kabel ini   menjadi pilihan paling bagus daripada kabel UTP tetapi untuk harganya lebih mahal.


Kabel FTP Atau File Twisted Pair

 

Kabel FTP

Selanjutnya yang kedua adalah kabel FTP atau file twisted-pair FTV adalah jenis kabel dengan pelindung aluminium foil pada bagian luar file kabel sehingga lebih tahan dari interferensi gelombang elektromagnetik. Kabel FTV ini menjadi pilihan paling bagus daripada kabel UTP tetapi untuk harganya ini juga termasuk dalam harga yang lebih mahal.


Kabel UTP Atau Twisted Pair

 

Kabel UTP

Kemudian yang terakhir adalah kabel UTP atau insiden twisted pair. Kabel UTP adalah jenis kabel twisted-pair tanpa pelindung bagian dalam kabel. Jenis kabel ini paling banyak digunakan saat ini karena memiliki fungsi yang sama tetapi harganya yang lebih murah dibandingkan dengan dua jenis kabel sebelumnya. Dalam kabel UTP jika anda buka Akan terdapat delapan warna yang berbeda yaitu orange putih, orange hijau, putih hijau, biru putih, biru   coklat dan putih coklat setiap warna dalam kabel UTP memiliki tugas dan fungsi masing-masing untuk   selengkapnya berikut adalah penjelasan mengenai kabel UTP berdasarkan warnanya yang pertama adalah:

  • Warna orange. Kabel warna oranye memiliki fungsi untuk jalur paket data.
  • Kemudian yang kedua adalah kabel yang berwarna putih Orange. Putih
  • Orange memiliki fungsi untuk jalur paket data juga.
  • Kemudian kabel warna hijau memiliki fungsi untuk jalur paket data in, ini masih menggunakan paket data. Kemudian putih hijau, kabel warna putih hijau memiliki fungsi untuk jalur paket data.
  • Kemudian biru, kabel warna biru memiliki fungsi untuk jalur suara.
  • Selanjutnya putih-biru, kabel warna putih biru memiliki fungsi sebagai jalur paket suara.
  • Kemudian warna coklat berfungsi untuk konduktor tembaga DC.
  • Yang terakhir warna putih-coklat memiliki fungsi sebagai konduktor   tegangan DC.


Demikian sedikit pembahasan mengenai kabel UTP Semoga bisa menambah wawasan kalian.

Post a Comment for "Mengenal Kabel UTP Atau Twisted Pair Pada Jaringan Komputer"