Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Istilah-Istilah Dalam Blog Yang Harus Kalian Tahu

Istilah-Istilah Dalam Blog Yang Harus Kalian Tahu

blog


Selamat datang diwebsite saya Djazuli IT. Dengan berkembanganya teknologi informasi dan digital, membuat persaingan media informasi semakin ketat, khususnya blog. Dalam hal ini blog merupakan sumber informasi paling banyak daripada media lain. Maka tak heran jika dalam para blogger harus berlomba untuk memberikan informasi secara aktual dan cepat. Walaupun begitu masih banyak orang yang ingin terjun kedunia blog dengan maksud agar mendapatkan uang tambahan atau lainnya. Sebelum terjun kedunia blog kalian harus tau dulu istilah-istilah dalam dunia blog.

 

Apa Itu Blog?

Sebelum lanjut kita harus tau dulu, apa itu blog?. Ok Blog adalah suatu bentuk aplikasi berbasis web yang terdapat tulisan-tulisan atau artikel pada suatu halaman web, dengan maksud memberi informasi kepada pembacanya.

 

Istilah-Istilah Pada Blog

Banyak istilah-istilah dalam dunia blog yang kalian harus tau!. Berikut ulasannya:

 

Niche

Apa itu Niche?. Niche sendiri adalah bahasa Inggris yang mempunyai ceruk sedangkan dalam dunia blog. Niche adalah sebuah topik atau kategori khusus dalam artikel atau konten yang ada pada blog, seperti Niche makanan, Olahraga, atau gado-gado. Istilah Niche gado-gado adalah sebuah makanan dari jogja yang banyak campurannya, sehingga yang dimaksud niche gado-gado itu Niche atau topik campuran dalam blog tersebut.

 

Domain TLD

Domain adalah sebuah alamat nama situs atau website, yang seharusnya alamat tersebut berbentuk IP. Karna kita sebagai manusia susah menghafal angka maka alamat IP tersebut diubah kedomain agar mudah diingat dan dicari. Lalu apa itu Domain TLD?. TLD sendiri singkatan dari Top Level Domain yaitu domain tersebut adalah domain utama, contoh seperti www.facebook.com atau google.com, sedangkan Sub domain merupakan anak dari domain yang diinduk contoh seperti food.kompas.com yang berinduk pada domain kompas.com, biasanya ditandai dengan titik sebelum domain. Lalu kenapa diharuskan menggunakan Domain TLD pada blog?. Dengan Menggunakan Domain TLD, web atau blog kita semakin mudah dicari search engine seperti google dan juga menambah nilai branding pada blog atau web.

 

SEO

SEO atau Search Engine Optimation adalah optimasi pada mesin pencari yang berfungsi untuk blog atau artikel kita terindex atau nongol di mesin pencari seperti digoogle. SEO merupakan suatu sangat dalam dunia blog atau web karna dengan semakin tingginya nilai SEO suatu bolg atau web maka semakin mudah dicari atau bisakan dikatakan page one digoogle. Banyak yang harus dilengkapi oleh blog atau artikel kita seperti Domain TLD, Submit ke Seacrh Google Console atau Webmaster dan juga submit ke Google Berita atau news. Selain itu artikel kta harus menggunakan pedoman SEO, seperti memasukkan keyword setiap paragraf, gambar, pengunaan H1, H2 atau lainnya, dan memiliki minimal 500 karkter per artikel.

 

SEO

 

Favicon

Favicon adalah logo kecil blog atau website kita yang berada pada pojok atas kiri tab browser. Favicon ini memiliki fungsi untuk menambah nilai SEO juga membuat ciri khas khusus pada blog atau web agar mudah dikenali oleh orang-orang. Biasanya untuk favicon kita menggunakan skrip seperti dibawah, jika kita menggunakan blogspot kita bisa mengungganya lewat setelan blog.

<link rel="icon" href="img/namagambar.ekstensi” type="image/x-icon">

 

Favicon

 

 

DA/PA

DA/PA singkatan dari Domain Authority dan Page Authority. DA/PA merupakan merujuk pada nilai domain dan halaman artikel kita di mesin pencari. Biasanya para blogger mengecek domain terlebih dulu sebelum membeli atau menggunakan domain tersebut, biasanya domain yang expired atau yang sudah tidak diperpanjang memiliki nilai tinggi. Sedangkan PA adalah SEO nya sebuah artikel atau halaman sehingga mempunyai PA tinggi. Untuk mengecek domain kalian beberapa situs gratis maupun berbayar seperti Website Seo Checker atau lainya.

 

Backlink

Backlink memiliki makna link tersembunyi, apa maksudnya? Yaitu sebuah link yang ditanam kesebuah website yang populer atau nilai DA/PA tinggi kemudian link tersebut jika diklik mengarah kepada website atau blog kita yang ingin dipasangin backlink. Terus apa fungsinya? Fungsinya adalah meningkatkan nilai DA/PA kita, meningkatkan branding nlog dan juga memperbanyak pengunjung pada web kita.

 

Baca Juga : Cara Membangun Backlink Bagus dan Berkualitas Untuk Website.

 

Adsense

Ini yang ditunggu, ketika semua blog yang sudah memiliki nilai SEO dan DA/PA kita bisa memasangkan sebuah iklan ke blog atau web kita. Lalu apa itu Adsense? Adsense sebuah penyedia penanyang iklan yang memberi uang jika kita memasangnya diblog kita. Adsense yang paling banyak digunakan adalah Google Adsense, dengan sistem CPC atau bayar perklik iklan. Walaupun begitu untuk mendaftarkan google adsense tidaklah mudah, setidaknya kita harus memenuhi persyaratan seperti SEO dan DA/PA tinggi. Apa ada solusi Google adsense? Ada banyak, kalian bisa mendaftarkan blog atau web kalian ke penyedia penayang iklan seperti MGID, Adsterra, Adnow dan lain sebagainya yang lebih mudah keterima dari pada google adsense.

 

Demikian ulasan tentang istilah-istilah dalam dunia blog yang harus kalian tahu. Dengan memahami istilah diatas kalian paham, sehingga bisa meningkatkan blog kalian kemudian memasang adsense atau iklan. Terimakasih telah membaca artikel “Istilah-Istilah Dalam Blog Yang Harus Kalian Tahu”, semoga bermanfaat.

1 comment for "Istilah-Istilah Dalam Blog Yang Harus Kalian Tahu"