Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memilih Hosting yang Baik Untuk SEO

 

Hosting

Keyword : cara memilih hosting yang baik

Cara Memilih Hosting yang Baik Untuk SEO

Cara memilih hosting yang baik  - Benarkah hosting mempengaruhi kualitas situs secara SEO? Jawabannya iya. Dari banyaknya faktor penentu untuk membuat website Anda memiliki ‘nilai’ di mata mesin pencari, maka hosting adalah salah satu faktor yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Itu sebabnya, Anda sangat disarankan agar memilih perusahaan yang menawarkan hosting terbaik. Untungnya, hal ini tidak sulit.

Sebenarnya, ada beberapa faktor hosting yang cukup mempengaruhi peringkat pada situs Anda. Apa saja itu?

Uptime

Uptime adalah jumlah hitungan waktu online dimana saat persentase server rendah maka hosting sering down. Sebaliknya, jika tinggi maka hostingnya bagus dan selalu aktif. Biasanya, diindentikkan dalam bentuk prosentase skala 1-100.

Artinya apa? Cara memilih hosting yang baik sangat berkaitan dengan yang namanya waktu uptime server. Dan informasi ini bisa Anda lihat secara langsung melalui website penyedia hosting itu sendiri.

Pentingkah Uptime Server?

Pernahkah Anda mengunjungi sebuah website yang sedang down? Bagaimana perasaan Anda? Kesal dan jengkel pastinya. Nah, website yang sering down sangat memberi pengaruh buruk khususnya pada SEO. Google, akan memberikan nilai buruk karena robot crawling tidak bisa menemukan website Anda. Dan ini sebuah kerugian besar pastinya.

Downtime

Yang dimaksud downtime disini adalah jumlah total dari website Anda yang tidak bisa diakses dikarenakan gangguan terjadi pada server host. Jika kondisi ini terus berlangsung, maka situs Anda dianggap tidak siap untuk dipublish. Sehingga, mesin pencari tidak akan menampilkan situs Anda dan sekali lagi, ini sebuah kerugian buat bisnis.

Penyebab Downtime

Saat donwtime server terjadi, maka ada faktor yang menjadi penyebabnya. Apa saja itu?

Maintenance Server

Yang namanya maintenance server memang harus dilakukan secara berkala dimana tujuannya agar server tetap dalam keadaan optimal. Biasanya, perusahaan hosting memiliki jadwal yang rutin untuk melakukannya.

Server Busy

Kondisi ini terjadi saat load website dalam posisi puncak sehingga beban server pun menjadi berat. Dampaknya tentu saja akan membuat website tidak bisa diakses.

Keamanan Server

Cukup sering kita dengar serangan yang dilakukan hacker yang mengakibatkan situs down.

Masalah di Hardware Server

Anda harus tahu bahwa server harus selalu online selama 24 jam tanpa henti. Ini artinya, kondisi hardware haruslah prima dan tentu saja, memiliki masa pakai. Jika sudah mendekati bahkan terlewat sangat berpengaruh pada performa server itu sendiri.

Masalah di Software Server

Selain hardware, maka yang menjadi penyebab downtime adalah software mengalami crash. Sama halnya hardware, bisa jadi masa pakainya harus di upgrade.

Kecepatan

Cara memilih hosting yang baik lainnya adalah memastikan jika hosting tersebut mampu memberikan kecepatan yang diinginkan. Ini adalah faktor penentu kedua yang akan mempengaruhi peringkat situs Anda. Bahkan, pihak Google sendiri pun mengakui bahwa kecepatan website menjadi faktor penting. Jadi, jangan abaikan hal ini ya.

Location

Bagi Anda yang memiliki website, maka menentukan lokasi server hosting haruslah diperhatikan dengan baik. Itu sebabnya, sebelum membangun toko online atau website pastikan jenis pengunjung mana yang akan menjadi trafik. Jika Anda memilih lokasi yang tepat bisa membuat target Anda terwujud dengan mudah.

Kesimpulan

Cara memilih hosting yang baik yang sudah dijelaskan diatas setidaknya menjadi bahan pertimbangan. Mengapa? Jika Anda salah memilih perusahaan hosting maka hal ini sangat berdampak pada perkembangan situs Anda sendiri. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa ada tiga faktor yang harus dipertimbangkan dengan tepat dan salah satunya adalah cepat lambatnya situs diakses.

Faktanya, pengunjung akan meninggalkan website yanng aksesnya cukup lama. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya juga untuk memperhatikan lokasi server hosting yang disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi, selamat memilih!

 

Post a Comment for "Cara Memilih Hosting yang Baik Untuk SEO"