Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu VPN? Bagaimana Cara Kerjanya

Apa Itu VPN? Bagaimana Cara Kerjanya

 

VPN

Apa Itu VPN?

VPN adalah singkatan dari "jaringan pribadi virtual." Ini adalah alat yang mengenkripsi lalu lintas internet kalian dan menyembunyikan alamat IP dan lokasi virtual kalian. Untuk apa VPN digunakan?. Jaringan pribadi virtual secara signifikan meningkatkan privasi dan keamanan online kalian, berkat enkripsinya. Pihak ketiga tidak dapat memata-matai aktivitas online kalian, bahkan penyedia layanan internet kalian tidak dapat melihat apa yang kalian lakukan secara online. VPN juga memungkinkan kalian mengatasi sensor internet. Semua lalu lintas kalian dirutekan melalui server jarak jauh, sehingga kalian dapat mengakses situs web yang dibatasi di negara kalian.


5 Hal Kalian Butuh VPN

Berikut adalah lima kasus ketika kalian benar-benar membutuhkan VPN.

  • Satu: kalian ingin mengamankan data online kalian. kalian memerlukan lapisan perlindungan ekstra saat online. Tidak semua situs web menggunakan HTTPS, protokol komunikasi aman di mana S berarti aman. Jika kalian mengunjungi situs web tanpa HTTPS, data yang kalian kirim atau terima dapat dicuri oleh penjahat dunia maya atau pihak ketiga lainnya. Aplikasi yang tidak aman juga membocorkan data kalian. Tetapi bagaimana kalian tahu jika aplikasi yang kalian gunakan aman?. Aplikasi adalah kotak hitam, dan tidak ada yang bisa menebak apakah mereka mengikuti praktik keamanan siber terbaik . Karena VPN mengenkripsi semua lalu lintas internet kalian, kalian tidak perlu khawatir tentang situs web atau aplikasi yang tidak aman. Lapisan enkripsi ekstra itu memastikan data online kalian aman.
  • Dua: kalian ingin mengakses situs web yang diblokir. Jika kalian ingin menggunakan Youtube di China, VPN adalah jawabannya. Ini mengubah alamat IP kalian dan mengarahkan lalu lintas internet kalian melalui server jarak jauh, memungkinkan kalian menjelajah di bawah perlindungan IP dan mengakses situs web yang diblokir. Demikian pula, VPN memungkinkan kalian tetap di rumah, setidaknya secara virtual bahkan saat kalian bepergian. kalian tidak akan melewatkan konten favorit kalian saat berada di luar negeri.
  • Tiga: kalian sering menggunakan koneksi yang tidak aman Wi-Fi publik pada dasarnya tidak aman. Jika kalian menghabiskan banyak waktu di hotspot publik di hotel, alun-alun, atau warung kopi. perlindungan VPN adalah suatu keharusan. Tanpa itu, penjahat dunia maya dapat menggunakan banyak metode untuk memata-matai lalu lintas internet kalian, mencuri data kalian, atau menyuntikkan malware ke perangkat kalian. Saat menggunakan Wi-Fi publik, VPN harus selalu aktif.
  • Empat: kalian ingin menghindari pengawasan pemerintah yang melanggar hukum. Pemerintah biasanya memiliki akses langsung atau tidak langsung ke penyedia layanan internet yang beroperasi di wilayah hukum mereka. Ini bervariasi dari satu negara ke negara lain, tetapi pemerintah kalian dapat menggunakan akses ini untuk secara aktif melacak aktivitas online kalian. Berkat semua jenis perjanjian antar pemerintah, mereka juga dapat berbagi informasi ini dengan negara lain. VPN menyembunyikan aktivitas online kalian dari semua pihak ketiga, termasuk penyedia layanan internet dan pemerintah kalian.
  • Lima: kalian menggunakan layanan berbagi file Layanan peer-to-peer memiliki banyak kegunaan yang sah dan sah: mendistribusikan perangkat lunak sumber terbuka atau video domain publik, berbagi informasi internal dalam jumlah besar dalam suatu organisasi, atau bahkan mendorong pembaruan layanan. Namun, penyedia layanan internet mencoba untuk mencegah penggunanya dari layanan peer-to-peer dengan menetapkan batas bandwidth. Gunakan VPN. Dengan itu, ISP kalian tidak dapat melihat lalu lintas kalian dan membatasi berbagi peer-to-peer kalian. Siapa yang dapat menggunakan layanan VPN? Jawaban singkat semuanya. Seorang pekerja lepas berusaha untuk tidak menumpahkan latte di laptopnya. Seorang gamer menghindari pembatasan bandwidth. Seorang pelancong menikmati konten favoritnya saat bepergian. VPN adalah pisau tentara kalian dapat menggunakannya tergantung pada kebutuhan kalian.


Apakah kalian seorang siswa yang mengatasi pembatasan Wi-Fi yang tidak masuk akal di sekolah kalian. Atau pemilik bisnis yang mengamankan data kerja sensitif. (P.S. saat bekerja dari jarak jauh, selalu gunakan VPN. Data bisnis terlalu sensitif untuk dikirim dan diterima tanpa lapisan keamanan tambahan). Atau mungkin kalian seorang jurnalis yang bekerja dibawah rezim otokratis. Tanpa perlindungan VPN, kebebasan atau bahkan nyawa kalian bisa terancam. Ide di balik VPN sangat sederhana semua orang berhak mendapatkan internet yang aman dan tidak terbatas. Dengan mengenkripsi lalu lintas kalian dan menyembunyikan IP kalian, VPN mewujudkannya. Apa itu alamat IP? IP atau alamat protokol internet adalah serangkaian angka yang mengidentifikasi perangkat kalian saat kalian terhubung ke internet. Tanpanya, perangkat dan server tidak dapat bertukar informasi. Semua perangkat kalian memiliki alamat IP lokal. Saat mereka terhubung ke internet, router kalian memberi mereka IP publik. Setiap situs web yang kalian kunjungi dapat melihat IP publik ini dan lokasi fisik kalian. Terlebih lagi, mata-mata online dapat mencari aktivitas online yang terkait dengan alamat IP tertentu. IP, lokasi, dan aktivitas online kalian adalah titik data penting bagi seseorang yang memata-matai kalian dan mencoba membuat profil terperinci. Saat kalian menggunakan VPN, pertama-tama kalian terhubung ke server VPN jarak jauh, membuatnya seolah-olah kalian menjelajah dari tempat lain dengan alamat IP yang berbeda. Aktivitas online kalian tidak dapat dilacak kembali kepada kalian melalui IP kalian.


Bagaimana cara kerja VPN?

Saat kalian terhubung ke VPN, itu membuat terowongan terenkripsi yang mengamankan perjalanan data antara kalian dan server VPN. Untuk mengamankan setiap paket data, VPN membungkusnya dalam paket luar, yang kemudian dienkripsi melalui enkapsulasi. Data kalian tetap aman selama transfer. Ketika tiba di server, paket luar dideskripsi. Protokol VPN adalah kunci teknologi VPN. Ini adalah seperangkat enkripsi yang digunakan untuk membuat koneksi aman antara dua perangkat. Penyedia VPN biasanya mendukung beberapa protokol semacam itu. OpenVPN, yang paling populer, digunakan oleh sebagian besar penyedia VPN di dunia. Ini sangat dapat dikonfigurasi dan menawarkan keseimbangan yang bagus antara kecepatan dan keamanan, karena kalian dapat menggunakannya pada port TCP dan UDP.


Jadi itulah VPN dan cara kerjanya. Terimakasih telah membaca artikel "Apa Itu VPN? Dan Cara Kerjanya", semoga bermanfaat dan bijaklah ketika meggunakan VPN.

Post a Comment for "Apa Itu VPN? Bagaimana Cara Kerjanya"