Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Mikrotik? Begini Pengertian, Fungsi & Jenis Mikrotik

Apa itu Mikrotik? Begini Pengertian, Fungsi & Jenis Mikrotik

RouterBoard

 

Hai Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai mikrotik mungkin kebanyakan dari kalian semua mengenal benda Ini adalah sebuah mikrotik, kalian tentunya salah itu bukan benar-benar adalah sebuah mikrotik dan itu sebenarnya namanya adalah Rutherford jadi apa itu mikrotik agar lebih paham Mari kita simak pembahasannya berikut ini.


Apa Itu Mikrotik?

Jadi teman-teman Mikrotik adalah sebuah perusahaan kecil berkantor Pusat di Latvia yang dibentuk oleh John Trully dan Arnis riekstins mikrotik Jadi sebenarnya itu adalah sebuah perusahaan dan yang bentuk oval seperti ini yang sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari itu namanya sebuah router atau bisa disebut juga dengan mini PC yang di-install di dalamnya sebuah operating system Mikrotik.


Apa itu Mikrotik Router OS?

isntall Mikrotik OS

Mikrotik Router OS sendiri adalah sebuah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi sebuah router Network yang handal mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP Network dan jaringan wireless fitur-fitur tersebut diantaranya ada file dan map kemudian ada routing hotspot, point-to-point, tunneling Protocol, DNS server, DHCP server hotspot dan masih banyak lagi fitur-fitur lain dari sebuah Mikrotik OS. Nah itu penjelasan singkat tentang Mikrotik OS.Teman-teman selanjutnya kita akan mencoba sedikit mengupas ke dalam-dalaman nya, teman-teman kita akan membahas mengenai apasih kegunaan sebuah mikrotik, apa tujuan dari sebuah mikrotik.


Apa sih Kegunaan Mikrotik?

Jadi fungsi dari mikrotik di sini terdapat enam fungsi:

  • Pertama yaitu untuk memblokir situs-situs yang mengandung konten terlarang menggunakan di proxy mikrotik sehingga mendukung program pemerintah yang berupa penggunaan internet positif pilihan pertama adalah mikrotik ini bisa memblokir situs-situs tertentu yang yang enggak baik jadi bisa diblokir dimikrotik.
  • Lanjut ke fungsi mikrotik yang kedua, teman-teman jadi mikrotik berfungsi sebagai pengatur dan mengkonfigurasi LAN menggunakan PC mikrotik router OS beserta perangkat keras yang sangat rendah, jadi disini fungsinya sebagai yang mengatur untuk konfigurasi PC-PC kalian yang terkoneksi dengan internet atau yang menggunakan Hotspot.
Konfigurasi Mikrotik
 
  • Fungsi mikrotik yang ketiga adalah pengaturan jaringan internet yang dapat dilakukan secara terpusat sehingga memudahkan admin dalam mengelola Jadi kalau misalnya kita mengelola internet di suatu sekolah misalnya pusatnya di satuan ruang server, itu semua internet itu bisa dikendalikan oleh admin dengan mudah.
  • selanjutnya nomor 4 adalah dapat digunakan sebagai billing hotspot yang mempermudah konfigurasi dan pembagian bandwidth pada jaringan. Nah temen-temen yang dirumahnya memasang hotspot, sangat cocok menggunakan mikrotik ini, karena di dalam mikrotik itu bisa dibuat billing mode buat berapa Jam. Misalnya orang menggunakan internet dalam satu jam atau yang lain sebagainya dan bandwidth atau kecepatannya juga bisa diatur di dalam mikrotik ini teman-teman.
  • Nah fungsi mikrotik yang kelima Yaitu dapat digunakan untuk membuat PPOoE server.
  • Lanjut ke fungsi mikrotik yang terakhir yaitu memisahkan bandwidth traffic internasional dan lokal. Ya tentunya ini sangat berguna untuk kita semua karena terpilihnya di mikrotik itu bisa membagi bandwidth antara yang di tempat ini yang paling tempat lain. 
 

Jenis-jenis mikrotik, 

Jadi Mikrotik itu ada dua jenis:
  1. pertama itu adalah mikrotik router OS, yang merupakan sistem operasi berbasis unix, yang mampu menjadikan komputer biasa mampu menyediakan filter seperti router, firewall, Bridge, hotspot, proxy, server dan lain sebagainya, yang sangat mudah digunakan banyak orang menggunakan sistem operasi ini, untuk membangun program mereka masing-masing.
  2. Yang kedua adalah Routerbord dan jenis ini adalah jenis mikrotik kedua, jika mikrotik router OS tadi berupa sistem operasi perangkat lunak dan Routerbord Ini adalah sebuah perangkat keras jaringan yang dikembangkan oleh perusahaan mikrotik, jadi Routerbord ini di-install sistem operasi mikrotik, meski berbentuk perangkat keras namun Routerbord berukuran sangat kecil dan praktis yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. 
RouterBoard

Ya teman teman Mungkin itu saja informasi mengenai mikrotik yang harus anda ketahui. Disini kalian sudah memahami apa itu mikrotik Fungsi dan jenis didalam perangkat ini. Memang sangat penting untuk Anda yang ingin membangun sebuah jaringan baik warnet ataupun di rumah di sekolah di desa ataupun di tempat-tempat lainnya. Banyak panduan untuk belajar mikrotik bisa dipakai, Jika kalian ingin belajar mikrotik yang bisa dipakai sehingga menambah Kepengetauhan. Mungkin segitu dulu artikel kali ini semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk di share di artikel ini keteman-teman kalian.

Post a Comment for "Apa itu Mikrotik? Begini Pengertian, Fungsi & Jenis Mikrotik"