Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Distro / Distribusi Linux ? Berikut Penjelasannya

Apa Itu Distro / Distribusi Linux ? Berikut Penjelasannya

 

Distro Linux

 

Halo selamat datang di situs saya. Kali ini kita akan membahas tentang distribusi atau yang biasa disebut juga distro yang ada di linux.


Apa Itu Distro/Distribusi Linux?

Distribusi atau Distro Linux adalah kumpulan software dan kernel Linux yang dikemas bersama dan dirilis sebagai sistem operasi yang secara utuh. Oke Mengapa ada begitu banyak distribusi Linux? Mengapa bukan hanya satu seperti Mac OS ataupun Windows. Alasan dibalik semua ini bermuara pada satu faktor yaitu Project GNU ingat, bahwa Project GNU memungkinkan siapa saja untuk mengunduh memodifikasi dan mendistribusikan kembali source code untuk suatu aplikasi, kemudian seiring berjalannya waktu berbagai kelompok orang memiliki kebutuhan yang berbeda dan mereka memodifikasi kernel Linux dan mendistribusikan kembali berbagai koleksi aplikasi software dengan berbagai cara. Setiap distribusi memiliki bermacam-macam software dan versi Kernel Linux yang berbeda pula.


Ada banyak perusahaan dan organisasi yang telah membangun distribusi Linux mereka sendiri, setiap distribusi memiliki tujuannya masing-masing. Ada distribusi yang bertujuan untuk dijalankan di server dan beberapa lagi dimaksudkan untuk berjalan di desktop dan bahkan ada juga yang diperuntukkan di handphone seperti Android.


Komponen Yang Ada Pada Distro Linux

Mari kita melihat lebih dalam apa saja komponen yang ada di sebuah distribusi Linux.

  • Yang pertama adalah Kernel Linux itu sendiri setiap distribusi umumnya akan memiliki tambalan sendiri yang diterapkan pada Kernel dan berbagai penyesuaian agar lebih sesuai dengan target audience distribusi tertentu.
  • Lalu ada juga utility software seperti yang ada di GNU. Ini mencakup semua komponen software seperti best sell, utilitas untuk networking., lalu juga ada file system dan berbagai software penting lainnya, yang membentuk dasar sistem operasi.
  • Selanjutnya adalah software tambahan beberapa diantaranya adalah CDE yang digunakan untuk workstation yang ada di desktop lalu juga ada game yang digunakan untuk editing gambar dan bahkan beberapa distribusi juga menyertakan game. Lalu kita juga akan mendapat system service di dalam sebuah distribusi. Sistem service adalah software yang mengikat berbagai komponen yang ada di dalam operating system seperti kemampuan networking, login, Security dan lain-lain system service modern yang digunakan oleh banyak distribusi Linux sekarang adalah sistemd, lalu kita juga akan mendapat yang dinamakan dengan software manajemen.


Salah satu pembeda utama dari setiap distribusi Linux adalah bagaimana mereka mengelola software. Komponen ini adalah komponen yang menentukan Bagaimana Sebuah software di-install dihapus dan di-update pada sebuah distribusi Linux. Kita akan membahasnya secara lebih mendalam di artikel berikutnya bentuk saat ini kita cukup tahu bahwa distribusi akan menyertakan Sebuah software management system.


Distro Linux Yang Populer

Sekarang Mari kita lihat beberapa distribusi Linux yang populer yang tersedia saat ini:

  • Pertama adalah Ubuntu, Ubuntu adalah salah satu distribusi yang paling banyak digunakan saat ini. Ubuntu tersedia dua jenis ada yang untuk desktop dan ada juga yang untuk server. Perbedaannya, jika versi untuk desktop akan disertakan dengan grafikal utility.
  • Lalu ada juga Redhat Enterprise Linux, Redhat Enterprise Linux telah ada untuk waktu yang cukup lama dan sering digunakan untuk penggunaan di server. Bisa dikatakan bahwa distribusi yang satu ini adalah distribusi yang paling diminati untuk bagian server.
  • Lalu ada juga Archlinux yang kegunaan utamanya dipakai untuk workstation desktop yang memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi tapi sangat menyenangkan untuk dipelajari.
  • Berikutnya adalah OpenSuse, OpenSuse merupakan varian dari per-nya yaitu Suse. Distribusi ini ditunjukkan untuk pengguna desktop.
  • Lalu yang terakhir adalah CentOS, CentOS adalah sebuah distribusi yang terkenal yang kegunaan utamanya adalah untuk penggunaan server. Distribusi ini adalah sebuah varian dari Redhat Enterprise Linux tapi tidak disertai dengan branding yang ada di Redhat. Jadi pada dasarnya apa yang bisa kita lakukan di RedHat juga bisa kita lakukan di CentOS. Perbedaannya hanyalah dengan Redhat kita mendapatkan Enterprise support tetapi dengan CentOS kita juga miliki komunitas yang sangat aktif dan sangat membantu.


Oke jadi salah satu pertanyaan umum yang sering digunakan yang ditanyakan adalah Distro mana yang harus saya pilih? Jawabannya adalah tergantung kebutuhan apakah untuk kegunaan pribadi atau kegunaan komersial, jika jawabannya adalah kegunaan komersil maka lebih baik kita mencari distribusi yang menawarkan support untuk kegunaannya, jika kegunaannya untuk pribadi maka opsi kita sangatlah luas. Lalu salah satu pertimbangannya lagi adalah Apakah distribusi tersebut akan kompatibel dengan hardware yang akan kita gunakan? Yang pada dasarnya hampir setiap hardware yang ada di pasaran saat ini sudah disupport oleh Linux dan distribusinya.


Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Apa Itu Distro / Distribusi Linux ? Berikut Penjelasannya"