Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buat Pesan Notif Otomatis Dengan PHP Di One Signal



Ketika kalian mengunjungi sebuah situs web atau aplikasi, pasti kalian akan mendapatkan sebuah pesan izin untuk mengirim notifikasi ke perangkat kalian dan kalian ketika izinkan maka kalian akan mendapatkan sebuah notif atau pemberitahuan dari website yang kalian kunjungi. fitur tersebut adalah Push Notification.

Apa itu Push Notification?..

adalah sebuah pesan notifikasi yang akan muncul di layar devicemu, bisa laptop, atau HP, dan juga browsermu. Ia akan memberitahukan jika ada postingan terbaru di website tersebut. Fitur push notification akan menambah jumlah trafik kalian sehingga kalian dapat meningkatkan pasar dari website yang kalian kelola.

Bagaimana Menggunakan Fitur Tersebut di Website Kita?..

ada banyak penyedia fitur push notification ini, termasuk One Signal, di tutorial kali ini saya akan menggunakan One Signal.

Apa Itu One Signal?..

OneSignal adalah service push notification untuk website dan aplikasi mobile. OneSignal mensupport sebagian besar native dan mobile platform dengan menyediakan SDK untuk masing-masing platform, RESTful server API, dan online dashboard untuk melihat performa, statistik penggunaan maupun operasi push notif.Ok langsung saja ketutorialnya.

1. Kalian Daftar akun kalian ke One signal kalian klik link ini https://onesignal.com/

2. Kemudian Buat sebuah App baru dan isikan data nama app kalian, kemudian pilih Web Push.

3. Pilih Typical site kemudian isikan pada bagian site setup dengan nama web kalian.

4. Isikan bagian url dengan url web kalian, disini karan saya menggunakan server lokal maka url nya adalah locahost, kemudian bagian url icon kalian bisa cari favicon di internet dan copy url ikonnya

5. pada bagian prompt ini berfungsi untuk sebagai tombol subscibe, kalian bisa custom sendiri dengan klik tombol add prompt.

6. Kemudian disini kalian bisa isikan pesan, ketika ada orang yang sudah subscribe.

7. setelah itu klik save.

8. disini kalian kopikan script dibawah ke file index.php seperti yang ditunjukan pada nomor 9. setelah itu klik finish. pada script app id itu adalah kode app kalian.

9. buat file baru dengan nama index dan notif.php folder htdoc server kalian.dan ketikan script dibawah ke file index dan notif.php.

10. pada gambar diatas di script authorization basic disitu kalian ganti dengan kode kalian, kalian kembali ke web one signal dan pada ikon akun kalian klik kemudian akan tampil seperti gambar dibawah kemudian kopi kode yang ditunjukan pada bergaris merah ke script authorization basic diatas.

11. setelah itu jalankan file index dan hasilnya seperti dibawah.

terlihat pda garis merah itu adalah notif yang sudah kita kirim.

 

Silahkan klik link dibawah untuk mendapatkan source code notif one signal dengan php.

Link Source Code Pesan Otomatis Dengan PHP di One Signal

 

demikian tutorila kali ini dan untuk lebih jelasnya kalian bisa tonton video dibawah. atau kalian tanyakan dikolom komentar.

 

Posting Komentar untuk "Buat Pesan Notif Otomatis Dengan PHP Di One Signal"