Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Meta? Penjelasan dan Penggunaan nya

Kembali lagi dengan saya. disini saya akan mengulas tentang Meta Tag, Apa itu Meta tag? Apa saja Meta tag itu?. Meta Tag sendiri sudah sangat familiar dikalangan para SEO,tapi bagi kalangan orang awam mungkin masih belum tau apa itu meta tag dan fungsinya?. ok langsung Ke materinya

Apa Itu Meta Tag?
adalah suatu tag yang berfungsi untuk memberikan informasi tambahan mengenai halaman web dan bukan untuk menambahkan isi konten pada halaman web.

Pentingnya Meta Tag Untuk Search Engine dan SEO
Meta sangat penting untuk sebuah website, karna dengan adanya Meta website akan lebih mudah di index oleh search engine dan juga akan lebih meningkatkan SEO website kita.

Penggunan Meta
Meta Google atau Search Engine

1. Meta Title atau Judul
Meta ini difungsikan untuk memberi informasi judul halaman website kita ke search engine seperti Google

2. Meta Description atau Deskripsi
Meta Description adalah deskripsi mengenai web anda. Namun sertakan judul/title halaman web anda pada description agar mesin pencari seperti google mudah untuk mengindex halaman web anda. Prinsipnya sama seperti meta title, tapi jumlah karakternya lebih banyak yaitu 140 karakter (kalau meta title hanya 70). Cara penulisannya seperti ini.


Kalau meta deskripsi tidak disetting, Google akan secara otomatis mengambil 140 karakter pertama dari konten web anda. Contoh penggunaan Meta Tag Title dan Desciption.

3. Meta Tag Keyword
Berfungsi untuk memberikan kata kunci yang mewakili isi kesuluruhan dari halaman web. cara penulisan seperti ini.


Khusus Meta keyword sebenarnya sudah tidak digunakan oleh google, karena beberapa tahun yang lalu atribut ini sering disalah gunakan sebagai kata kunci bagi mesin pencari dalam mengindex halaman website. seringnya tag ini di manipulasi untuk mempengaruhi hasil pencarian. Tapi alangkah baiknya, tag ini digunakan kemungkinan di search engine lain masih menggunakan tag ini seperti bing dll.

4. Meta Tag Robots
Meta tag yang bisa mengendalikan prilaku semua search engine tak hanya Google. cara penulisan seperti ini.


Atribut content yang bisa digunakan seperti

  • noindex= mencegah mesin pencari untuk mengindex halaman tersebut
  • index= menginzinkan mesin pencari untuk mengindex halaman tersebut
  • nofollow= memerintahkan mesin pencari untuk tidak follow link yang ada dihalaman tersebut.
  • follow = kebalikan nofollow. bisa digunakan keduanya
5. Meta Tag Charset
Dirokemendasikan oleh Google untuk menggunakan Unicode/UTF-8, supaya bisa dengan mudah dikenali oleh google. cara penulisan seperti ini.

6. Meta Language
Meta ini tidak berpengaruh pada Google tapi selain Google sperti Bing masih menggunakan ini mendapatkan informasi bahasa website kita.

Meta Tag Facebook
Meta tag facebook berfungsi agar mudah dikenali oleh Facebook. Meta ini sangat penting untuk SEO seperti kita ingin membagikan laman kita ke Facebook maka yang muncul bukan hanya link tapi termasuk gambar dan deskripsi laman tersebut. Pada meta hanya mengganti name menjadi property. untuk penulisannya seperti ini

Meta Ini juga bisa digunakan untuk Whatsapp karna masih satu perusahaan dengan Facebook. dan jika tidak menggunakan tag ini maka laman yang kita bagikan akan hanya berbentuk link

Meta Twitter

Kegunaan sama dengan meta facebook yaitu untuk menampilkan informasi ketika halaman website dibagikan

Cukup sekian ulasan kali ini, jika ada pertanyaan, tanyakan dikolom komentar, silahkan coba bagikan laman ini ke facebook maupun Whatsapp untuk melihat hasil tag ini

Post a Comment for "Apa Itu Meta? Penjelasan dan Penggunaan nya"